Musrenbang Desa Ngambarsari Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2023

Musrenbang Desa Ngambarsari dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri.
Musrenbang Desa Ngambarsari dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri.
Musrenbang Desa Ngambarsari dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri.

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati usulan kegiatan yang dianggarkan dari anggaran pemerintah daerah kabupaten. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Dalam rangka melaksanakan tahapan yang telah ditetapkan, Rabu (19/01/2022) Pemerintah Desa Ngambarsari melaksanakan Musrenbang Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Wonogiri untuk tahun anggaran 2023. Dalam musyawarah tersebut selain dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Ngambarsari juga mengundang jajaran Forkompimcam Kecamatan Karangtengah, Kapolsek Kec. Karangtengah, Danramil Kec. Karangtengah, BPD Ngambarsari, Ketua RT/RW, Ketua Bumdes, unsur PKK, tokoh pemuda, perempuan serta unsur masyarakat yang lain.

Musrenbang Desa ini dilaksanakan di Aula Balaidesa Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri. Tema Musrenbang Desa Kali ini ” Peningkatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan daya Saing Sumber daya Manusia”. Dalam musyawarah ini dibacakan paparan usulan kegiatan yang direncanakan akan menggunakan anggaran pemerintah daerah Kabupaten wonogiri. Setelah dibacakan dilakukan musyawarah dengan mendengarkan pendapat dan usulan dari peserta musyawarah.

Peserta Musrenbang Desa Ngambarsari

Ketua BPD Ngambarsari , Isnanto, mengusulkan peningkatan jalan antar provinsi, Dusun Sempu menuju Bonsari.  Selain itu beberapa usulan masyarakat adalah, pelebaran dan lampunisasi jalan poros desa Tegiri-Ngambarsari, pengadaan air bersih, pembangunan Puskesmas Pembantu, serta usulan-usulan lain untuk pembangunan Desa yang lebih baik.

“ Semua usulan akan kita tampung, dan kemudian kita teruskan sebagai RKPD Kabupaten Wonogiri. Semoga semua usulan yang kita sepakati hari ini dikabulkan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri”, Pungkas Fitri Hanany, Kepala Desa Ngambarsari yang kemudian diamini oleh peserta Musrenbang Desa Ngambarsari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar anda