BUMDES “SARI BAROKAH” BERDIRI TANPA MODAL UANG

Desa Ngambarsari adalah salahsatu desa di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri. Dengan potensi alam yang luar biasa, “tanah kami adalah tanah surga”  Kata Camat Karangtengah bapak Drs. Sunarto, MM…

Desa Ngambarsari juga dikenal sebagai desa yang menjunjung tinggi gotong royong masyarakat, setiap 2 minggu sekali masyarakat kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.

Fitri hanany sebagai kepala desa Ngambarsari bersama masyarakat desa Ngambarsari menyadari potensi tersebut, Pemerintah desa bersama Masyarakat mendorong potensi tersebut sebagai modal utama dalam membangun desa dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan cara mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Sari barokah.

Melalui Musyawarah desa Ngambarsari di sepakati bersama masyarakat dan pemerintah desa untuk mendirikan BUMDesa dengan nama BUMDes Sari Barokah yang difasilitasi Kasi PPM Kecamatan Karangtengah Bapak Eko Budiharto bersama Dinas PMD kabupaten wonogiri di dampingi Tenaga Ahli Ekonomi Desa Bapak Mulyadi bersama Pendamping desa.

Pada saat didirikan tahun 2017 disepaktati Bumdes Sari barokah mengelola usaha pelayanan masyarakat meliputi Jasa Pembayaran Listrik, Pembayaran Angsuran, Pembayaran Pajak, jasa pengiriman paket, DLL.  dengan kerjasama dengan kantor pos Kabupaten wonogiri.

Dari awal didirikan Bumdes Sari barokah tanpa ada modal atau modal 0 Rupiah. Hanya dengan modal komitmen saja Bumdes Sari barokah sudah dapat berjalan. Walaupun masih menghasilkan keuntungan yang masih kecil.

Setelah berjalan beberapa waktu Bumdes Sari barokah telah melakukan kerjasama dengan BRI, Samsat Wonogiri untuk mengembangkan sayap usahanya. Antara lain dengan membuka usaha jaringan Internet kepada masyarakat, sampai berita ini dibuat unit usaha internet desa sudah memiliki 20 pelanggan, dengan jangkauan 5 desa diwilayah kecamatan karangtengah, walaupun masih membutuhkan perbaikan-perbaikan terutama jaringan internetnya.

Bahkan dalam waktu dekat ini Bumdes sari barokah bekerjasama dengan BRI LINK dan Samsat Wonogiri dalam mengembangkan usaha pelayaan pembayaran pajak kendararaan dan pelayanan setor-tarik transaksi BRI.

Bumdes Sari barokah Ngambarsari berinsiatif mengembangkan pola pengembangan Bumdes Berbasis masyarakat. “Dari Masyarakat, Untuk masyarakat” sesuai yang disampaikan pak Suyarno ketua Bumdes Sari Barokah Ngambarsari.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar anda